Social Icons

Thursday 28 February 2013

satelit makalah menyenangkan


SATELIT
Satelit-satelit buatan yang mengelilingi bumi sekarang merupakan hal yang biasa. Sebuah satelit    diletakan di orbitnya dengan mempercepat hingga mencapai suatu laju tangensial yang tinggi dengan menggunakan roket. Jika laju terlalu tinggi, pesawat luar angkasa tersebut tidak akan tertahan oleh gravitasi bumi dan akan lepas, tidak akan kembali. Jika laju terlalu rendah, satelit tersebut akan kembali ke bumi. Satelit-satelit biasanya diletakan pada orbit melingkar (elips) karena membutuhkan laju lepas landas yang palig kecil. Jika kadang-kadang ditanyakan, “apa yang membuat satelit tetap di atas?” jawabannya adalah,” lajunya yang tinggi.” Jika sebuah satelit berhenti bergerak dia akan langsung jatuh ke bum, tetapi dengan laju tinggi yang dimiliki satelit, dia juga bisa dengan cepat terbang ke angkasa, Jika tidak ada gaya gravitasi bumi yang menrik satelit ke orbitnya. Kenyataannya, sebuah satelit sedang jatuh ( dipercepat menuju bumi), tetapi laju tangensialnya menahan untuk tidak menabrak bumi.





Untuk satelit-satelit yang bergerak dalam lingkaran(elips) percepatannya adalah v2/r. gaya yang memberikan percepatan ini kepada satelit adalah gaya gravitasi,dan karena sebuah sebuah satelit mungkin berada sangat jauh dari bumi, kita bisa menggunakan hukum newton II dengan persamaan:
G(mmE/r2) = mv2/r
Di mana m adalah massa satelit.
Persamaan ini menghubungkan jarak satelit dari pusat bumi,r , dengan lajunya, v . perhatikan bahwa hanya satu gaya graviatasi yang bekerja pada satelit, dan bahwa r adalah jumlah rdius bumi rE ditambah ketinggian satelit di atas bumi,
h : r = rE + h

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text